Rabu, 16 Desember 2015

Balado Terong Yang Maknyus


hidayah-art.com


Mumpung musim hujan, gimana kalo bikin masakan yang mengundang selera, teman? Sebenarnya saya belum lama suka masakan ini. Di tempat kerja, kadang ada yang suka bawa bahan sayuran atau ikan, trus nanti dimasak bareng di pantry. Asik yaaa :)


Satu ketika teman saya, cik Ida usul masak terong. 
Duuh, dengarnya langsung ilfill. Bayangan saya, terong itu kalo dimasak jadi lembek. Saya enggak suka, makanya nggak pernah masak.

Tapi namanya juga berteman, enggak suka ya tetap aja menghargai keinginan teman kaaan. Akhirnya saya belanja terong dan bahan lainnya. Tapi yang masak sih tetap ya teman saya. Kan saya nggak pernah masak, ntar nggak enak rasanya, hihiii.

Ternyata begitu matang, saya jadi ngiler, hahahahaaa...
Benar deh kata pepatah. Tak kenal makanya tak sayang. Karena tak pernah memasaknya, saya jadi nggak tahu, betapa terong ungu kalo udah diolah dan pintar yang mengolahnya, bisa jadi masakan istimewa.

Kemarin pas hujan deras dan malas ke tukang blanja, saya iseng buka kulkas dan nemu terong ungu 3 biji. Ini sih karena dikasih tetangga yang baru jengjeng di Bandungan. Ya udah, bikin balado aja.

Resep Terong masak balado yang maknyuss :
Bahan :
- Terong ungu ukuran sedang 3 biji, cuci bersih, buang bagian tangkai dan            potong ukuran sedang.
- Cabe merah 7 biji
- Cabe rawit merah 3 biji
- 5 butir Kemiri
- 2 buah tomah merah
- 5 siung bawang putih
- 7 buah bawang merah 
- 1 btg sere
- 2 lbr daun salam
- 1 ruas lengkuas
- garam secukupnya
- 1 sdt gula pasir
- minyak untuk menumis

Pelengkap : bawang goreng

Cara Membuat :

  • Tumis terong yang sudah dipotong, jangan sampai layu. Sisihkan
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, dan tomat.
  • Tumis bumbu halus, bersama sere, lengkuas, dan daun salam. Aduk hingga aromanya harum.
  • Tambahkan sedikit air, garam dan gula. Biarkan sampai mendidih.
  • Masukkan terong dan aduk hingga bumbu meresap.
  • Begitu udah matang, angkat.
  • Taburi dengan bawang goreng. Balado terong ungu siap disajikan.
Hmm, jadi lapar nih begitu mencium aroma balado yang udah matang. Ambil nasi hangat dan sajikan bersama balado terong ungu yuk, teman.

4 komentar:

  1. Hmm gimana ya rasanya makan terong di bikin balado, pengen suka tapi nggak bisa duh :(

    BalasHapus
  2. Kesukaan abangku ni mak kalo udaha makan menu ini khusuk bgt deh

    BalasHapus
  3. aku suka terong balado, biasanya milih terong ungu. dimasak sampai lembut. :D

    BalasHapus