Rabu, 08 Juli 2015

SWIEKE HALAL DARI AYAM KAMPUNG

Hahaiii Moms,

Tinggal di lingkungan heterogen sejak lahir (di wilayah pecinan Semarang), membuat aku mudah berbaur saat beranjak dewasa. Tetap saja kalo untuk menikmati kuliner, harus pintar-pintar bikin modifikasinya. Seperti masakan Swieke, yang bahan utamanya adalah Kodok. Makanan yang diharamkan untuk dikonsumsi umat muslim.

 

Di tempat tinggalku duluuu....setiap ada teman-temen sepermainan membeli swieke, aku hanya mematung dan ngiler.com hehehe... Tapi, karena aku takut dosa dan amukan dari bapakku, aku pun meminta budeku untuk masak swieke dari bahan yang halal.
 

Sampai sekarang pun, aku sudah pernah menyajikan Swieke dengan bahan pengganti berupa ayam kampung atau mentok. Bukan hanya untuk keluarga, tapi juga pernah aku sajikan saat tetangga dari rumah lama di Pedurungan, mengunjungi rumah kami di daerah Tlogosari.

Ini nih resepnya, sederhana dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional.


SWIEKE  HALAL:


Ayam kampung / Mentok  1 ekor, masak air hingga mendidih dan masukkan ayam, masak hingga empuk
Daun bawang secukupnya
Bawang goreng
Air  1,5 liter

 

Bumbu halus:

- Bawang Putih  6 butir,
- Merica 1 sdt
- Jahe 3 ruas
- Tauco 1 ons
- Garam 1 sdm

 

Cara Membuat:
 

1. Tumis bumbu halus hingga harum.
2. Masukkan bumbu ke dalam air yang sudah berisi ayam
3. Tambahkan gula jawa 50 gram, 2 sdm kecap manis.


4. Masukkan daun kucai, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng. Jangan lupa kucuri jeruk nipis juga, biar tambah suegerrr ;D

Nah, sekarang sudah punya menu masakan swieke yang halal kan, Moms, yuk dicoba di rumah.

1 komentar: