Kamis, 30 Juli 2015

SUP IKAN ALA RUMAHAN


Assalamu'alaikum temans
Masih dalam suasana lebaran nih, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Mohon maaf lahir dan batin atas segala salah dalam lisan dan tulisan selama ini.
Hari keempat lebaran ini saya akan berbagi resep Sup Ikan ala ala saya. Gegara makan lontong opor dan masakan lain yang berbahan santan, perut dan mulut mulai nagih makanan sehat yang menyegarkan. Nah, apa donk makanan sehat tapi menyegarkan itu? Ah, gimana kalo sup ikan aja?! Di samping bahan dasarnya yang cukup murah dan bikin tubuh tidak bakal kelebihan lemak, kuahnya yang bening itu emang menyegarkan.


Setelah dulu sempat menuliskan cerita jalan-jalan kuliner dan menikmati Sup Ikan Ibu Ndut yang lokasinya dekat dengan bank BCA. Kini saatnya saya ingin mencoba masak sendiri di rumah. Tentang hasilnya? Entah lah, tergantung penilaian dewan juri a.k.a suami dan anak-anak nantinya.

Yuk ah, belanja bahan dasar untuk pembuatan Sup Ikan dulu. Saya dan suami udah sejak jaman baru menikah, senang banget belanja ikan dan teman-temannya, macam kepiting, cumi, atau kerang. Kami berdua pecinta masakan seafood. Kalo sering makan di luar kan boros di kantong, jadi kami lebih sering belanja bahan masakan seafood, kemudian diolah di dapur sendiri. Jelas lebih hemat dan bisa dinikmati bareng anggota keluarga yang lebih banyak.

Tempat yang sering kami datangi selain TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Tambak Lorok, adalah di lapak penjual ikan segar di jalan arteri lingkar utara. Lokasinya ada di bagian utara perumahan Tanah Mas.


Di sini, saya bebas memilih ikan segar yang bisa diolah di rumah. Harganya? Relatif murah, apalagi kalo pintar menawar dan sok-sok kenal gitu, hahahaaa

Pagi itu saya sukses membawa pulang satu ekor ikan tengiri dengan bobot 2,3 kg. Saya cuma bayar IDR 46.000. Juga kerang hijau sebanyak 1 kg, serta cumi 1,5 kg. Semua belanjaan saya tebus dengan selembar duit warna merah, itu pun saya masih menerima kembalian dari si penjual yang baik hati. Pembeli sebelumnya dihargai lebih tinggi lima ribu perkilo untuk ikan tengirinya, hihiii *berasa hemat dan jadi istri sholehah*

Sesampainya di rumah, eksekusi ikannya dulu. Tapi saya ingin hemat lebih banyak lagi. Satu ekor ikan tengiri untuk dua masakan. Bagian tubuhnya digoreng dan bikin sambel raden. Bagian kepala dan ekor dimasak sup ikan ala-ala saya :D

Bumbunya sederhana, ini aja :

5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, tomat 2 butir, 2cm kunyit, 5 lembar daun jeruk purut, 1 batang sere, cabe sesuai selera, garam secukupnya.

Semua bumbu dimasukkan air yang sudah mendidih. Tak lebih dari sepuluh menit, masukkan kepala ikan dkk. Tunggu hingga bumbu meresap. 

Saya biasanya masak sup ikan begini enggak lebih dari 30 menit. Sup ikan ala-ala saya siap disajikan bersama nasi. 

Dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, sup sudah habis, tak bersisa.
Silahkan yang pengen bikin sup segar. Bila ingin rasa lebih pedas, bisa tambahkan cabe rawit setan utuh saat memasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar