Kamis, 29 Oktober 2015

Review Film : Tegang NON-STOP Di Dalam Pesawat


Judul Film       : NON-STOP
Sutradara         : Jaume Collet-Serra
Produser          : Joel Silver, Alex Heineman, Steve Richards, dan Andrew Rona
Skenario           : John W. Richardson, Chris Roach, dan Ryan Engle
Cerita oleh        : John W. Richardson dan Chris Roach
Aktris               : Liam Neeson, Julianne Moore, Scoot McNairy, Nate Parker, Jason Butler,                                  Anson Mount 




Film ini mengisahkan tentang pembajakan pesawat terbang jenis Boeing 767. Penerbangan non-stop dari New York City menuju London ini mengisahkan seorang Marshal Udara yang juga seorang pecandu alkohol, yang diperankan oleh Liam Neeson. Dalam film bertema Action Thriller yang tayang di bioskop Indonesia bulan Maret 2014 ini, Liam Neeson bermain bersama Julianne Moore.


SINOPSIS FILM NON STOP:

Film ini mengisahkan tentang Bill Marks (Liam Neeson), seorang Air Marshal Amerika. Ia diberhentikan dari kepolisian ketika kecanduan alkohol karena putus asa menghadapi penyakit kanker putrinya yang mematikan. Sepuluh tahun kemudian ia bercerai dari istrinya. Hal ini membuat ia makin depresi dan menjadi alkoholik. Karena membahayakan diri dan orang-orang di sekelilingnya, ia diskors dan kemudian diberhentikan dari kantor kepolisian setempat.  Kemudia ia mendaftar di angkatan udara dan ditugaskan menjadi seorang Marshal Udara. Tugasnya adalah menjaga keamanan selama di dalam penerbangan. 

Dalam salah satu penerbangan nonstop dari New York menuju London, ia menerima pesan singkat yang berisi ancaman. Pesan tersebut mengharuskannya agar mentransfer uang sejumlah $ 150.000.000 ke salah satu rekening. Bila permintaan ini tidak dipenuhi, maka setiap 20 menit satu orang penumpang di dalam pesawat akan meninggal.


hidayah-art.com

Marks semula tidak menggubris ancaman tersebut. Namun ternyata tepat setelah 20 menit berlalu, salah seorang rekan angkatan udara tewas. Marks kemudian berkerja sama dengan salah seorang penumpang, untuk mengungkap siapa pengirim pesan itu. Ia sempat mencurigai beberapa penumpang, di antaranya seorang pria dari Timur Tengah. Ternyata ia seorang dokter.


hidayah-art.com


Siapa sangka, rekening yang dituju rupanya atas nama Bill Marks. Oleh pejabat yang berwenang di darat, atasannya, ia diminta menyerahkan diri dan tidak membunuh penumpangnya. Bill tak menuruti saran atasannya.  Alasannya adalah ia menemukan petunjuk saat berada di dalam toilet pesawat untuk karena ingin merokok.

Alibi Bill memang lemah. Apalagi salah seorang penumpang berhasil mengambil video dan mengunggahnya di internet saat Bill tengah menyeret seorang penumpang. Pihak berwenang pun menganggapnya sebagai pembajak yang menginginkan uang karena depresi akibat menjadi alkoholik.
____________

Review Film :

Film ini menjanjikan tontonan yang menegangkan sekaligus menarik. Penonton diajak merasakan ketegangan nonstop di dalam pesawat yang berbadan lebar. Alur cerita film NON-STOP ini tersusun begitu logis. Pengungkapan rahasia yang tak secara langsung, makin menambah kerumitan peristiwa yang dialami penumpangnya. 

Cerita pembajakan yang tak biasa, karena sedari awal telah dibangun konflik yang membingungkan bagi penonton.  Petunjuk yang sedikit dibagikan dalam tayangan ini, hanya berupa pesan singkat, menunjukkan kecerdasan penjahatnya yang masih misterius. 

Bill hanya mendapat petunjuk lewat pesan singkat yang dikirim melalui ponselnya. Ia pun menanyai seluruh penumpang pesawat meski atasannya di darat menuduhnya sebagai pelaku utama pembajakan. Apalagi nama pemilik rekening untuk mentransfer diselidiki atas nama Bill Marks.

Saya kesal saat mendapati orang yang saya tuduh bukan lah sang tersangka. Penasaran, rasa ingin tahu, hingga menebak siapa si tersangka, membuat penonton bakal dibuat kesal. Liam Nesson cerdas berperan sebagai bapak yang masih dibalut kesedihan karena kehilangan putrinya. Ia lah satu-satunya orang yang mampu membujuk seorang gadis kecil agar mau menaiki pesawat. Gadis kecil ini bepergian sendiri, untuk menjumpai ayahnya di London.

Selain Liam Neeson film ini pun dibintangi Julianne Moore, Scoote McNairy, Michelle Dockery, Nate Parker dan Corey Stoll. Meski selain Liam Neeson tidak menghadirkan performa yang matang, namun seluruhnya hampir tertutup dengan balutan cerita yang tidak begitu bertumpu pada satu tokoh semata.

Jaume Collet-Serra, yang juga dikenal lewat Unknown dan House of Wax, telah berhasil memaksimalkan akting Liam Neeson sebagai bapak pengasuh, polisi yang memiliki penciuman tajam, petarung yang mahir dan pria yang gentle. Non-Stop merupakan cerita yang segar dan berbeda dari film-film tentang pembajakan pada umumnya. 

Kalo kamu suka film yang menegangkan, bisa memilih film ini untuk hiburan di akhir pekan. Saya kebetulan menemukan film ini di channel HBO. Atau bisa juga donlot dan sewa DVD. Masih ada nggak sih yang nyewain DVD, udah lama nggak pernah nyewa :D

2 komentar: